Pages

Friday, December 23, 2011

Apa itu Alexa Rank?

Mungkin kita sering mendengar istilah Alexa Rank dalam dunia Internet, namun sebagian ada juga yang belum mengerti tentang istilah Alexa dan fungsinya, lalu apa itu Alexa Rank?

Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya.

Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.


Cara kerja Alexa rank
Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

Tidak seperti PR berdasarkan pada jumlah backlink yang berkualitas, Alexa berdasarkan pada jumlah traffic yang diterima oleh blog atau website. Data yang diterima dari meta tag yang telah tertanam di sebuah blog atau website, dari postingan setiap hari dan dari banyak sumber yang lain.

Jika Google PR itu 1 sampai 10, dan semakin tinggi PRnya akan semakin baik. Blog yang memiliki Google PR 10 lebih baik dari pada blog yang berPR 1.


Lalu apakah alexa rank yang rendah selalu menjadi indikator situs anda kurang pengunjungnya? bisa ya bisa tidak jawabannya 

Alexa trafic didasarkan pada pola penggunaan Alexa Toolbar.Dari situs resmi Alexa bahwa alexa rank diupdate setiap 3 bulan. Alexa’s rank hanya memberikan peringkat pada halaman domain tingkat atas saja atau home (misalnya www.domain.com) . Alexa tidak memberikan peringkat untuk subpages dalam sebuah domain (mis. www.domain.com / subpage.html) atau subdomain (misal subdomain.domain.com) kecuali jika Alexa dapat secara otomatis mengenali mereka sebagai situs pribadi atau blog, seperti yang host di geocities dan tripod. Jika situs dikenal pasti sebagai halaman home web pribadi atau blog, maka halaman home tersebut akan di index dan diranking oleh Alexa. Jadi alexa rank untuk sub page otomatis mengikuti Alexa rank halaman utama (home).

Kelemahan Alexa:
  1. Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
  2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

0 comments:

Post a Comment

 
© 2010 mbekutuk | Blogger.com