Pages

Friday, January 13, 2012

Pengertian Rel (Busbar)

 Pengertian Rel (Busbar)


Gardu induk adalah merupakan alat penghubung listrik dari jaringan tranmisi ke jaringan distribusi perimer yang kuntruksinya. Busbar atau rel merupakan bahan atau peralatan yang berada di gardu induk.

Busbar atau  rel adalah titik pertemuan atau hubungan trafo-trafo tenaga, SUTT, SKTT dan peralatan listrik lainnya untuk menerima dan menyalurkan tenaga listrik atau daya listrik. Ada pula yang mengartikan, Busbar dalam sistem tenaga adalah lokasi di mana jalur transmisi, sumber generasi, dan beban distribusi bertemu. Karena konvergensi ini, sirkuit pendek yang terletak di dekat busbar cenderung memiliki arus besar yang sangat tinggi. Karena arus sangat besarnya, maka jika ada kesalahan memerlukan kecepatan yang tinggi dalam operasi perlindungan busbar untuk membatasi kerusakan peralatan tersebut. Namun, kliring berkecepatan tinggi harus seimbang terhadap kebutuhan untuk keamanan. Tersandung salah untuk kesalahan eksternal dapat menyebabkan gangguan besar, dan membahayakan stabilitas daya sistem. Besarnya kesalahan yang tinggi meningkatkan kemungkinan CT saturasi selama kesalahan eksternal dekat dengan busbar, dan CT saturasi meningkatkan kemungkinan operasi yang salah dari perlindungan busbar.

Perlindungan busbar mungkin rumit dan bervariasi dengan topologi bus. Banyak busbar menghubungkan semua sirkuit untuk satu segmen umum dari busbar. Komplikasi untuk bus ini adalah hanya jumlah sirkuit terhubung. Namun, busbar tertentu mungkin memiliki beberapa segmen bus, dengan sirkuit individu yang terhubung ke segmen bus yang berbeda tergantung pada kebutuhan operasi. Untuk bus kompleks seperti, perlindungan busbar harus mampu melindungi setiap segmen bus individual, dan dinamis melacak sirkuit terhubung ke segmen bus tertentu. Semua generator sinkron pada pusat pembangkit listrik menyalurkan tenaga listrik ke rel pusat listrik. Demikian pula semua saluran yang mengambil maupun yang mengirim tenaga listrik dihubungkan ke rel ini.

Mayoritas kesalahan busbar melibatkan fase satu dan bumi, tetapi kesalahan muncul dari berbagai banyak. Bahkan, sebagian besar hasil kerusakan pada busbar dari kesalahan manusia dan bukan kegagalan komponen switchgear.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2010 mbekutuk | Blogger.com