Pages

Saturday, January 7, 2012

PENGHINAAN TERHADAP ISLAM, APA HUKUMANNYA?

Hukuman penghujatan Terhadap Islam

Salah satu Pertanyaan yang sering ditanyakan khususnya oleh kalangan non muslim adalah apa hukuman penghujatan/penghinaan terhadap Islam. Pertanyaannya ini meliputi bahwa jika seseorang melakukan suatu penghujatan terhadap Allah taala, Rasulullah saw, atau Alquran atau dalam hal ini, setiap hal yang suci dalam Islam dengan menggunakan bahasa kotor atau menunjukkkan rasa tidak hormat dengan cara apapun, maka apa hukuman untuk itu? Hal ini dikatakan dan diyakini oleh banyak orang termasuk orang Islam sendiri bahwa hukuman bagi penghujatan adalah kematian. Pernyataan seperti itu sama sekali tidak benar. Alquran tidak satupun menyebutkan bahwa hukuman untuk penghujatan /penghinaan adalah kematian bahkan hukuman yang lebih rendahpun tidak ada. Dan sebenarnya tidak ada hukuman duniawi bagi kejahatan ini.

Tidak diragukan lagi, menurut Islam bentuk-bentuk penghujatan atau penghinaan terhadap suatu agama merupakan bentuk kejahatan yang sangat tercela dan menyakitkan hati, namun hukuman untuk ini sepenuhnya ada di tangan Allah taala. Allah mungkin akan menghukum pelakunya di kehidupan ini atau kehiduan nanti. Islam meyakinibahwa setiap orang akan bertanggungjawab di hadapan Allah. Pada hari penghakiman, Allah akan akan melakukan penghisaban dan penghakiman, tetapi Allah tidak memberi hak kepada siapapun dalam kehidupan ini untuk memberikan hukuman apapun. Alquran menjelaskan kepada kita bahwa:

“Kamu pasti akan di uji dalam hartamu dan jiwamu, dan pasti kamu akan mendengar banyak hal  yang menyakitkan hati dari orang-orang yang telah diberi Alkitab sebelummu dan dari orang-orang musyrik. Dan jika kamu bersabar dan bertakwa, maka hal demikian sungguh merupakan urusan keteguhan hati.” (Q.S 3:186)

Dari ayat ini kita bisa melihat bahwa tidak ada hukuman apapun disebutkan disini. Allah taala mengatakan bahwa berbagai hal yang menyakitkan akan dikatakan tentang orang-orang Islam. Tetapi dalam menghadapinya seorang Muslim hanya diminta menunjukkan kesabaran ketika menghadapi tindakan-tindakan penghinaan yang dengan cara apapun itu. disini tidak disebutkan hukuman apapun.

Lebih lanjut Alquran menyatakan:

“Dan, sesungguhnya Dia telah menurunkan kepadamu di dalam Kitab ini bahwa apabila kamu mendengar Ayat-ayat Allah swt. diingkarnya dan dicemoohkannya, maka janganlah kamu duduk bersama mereka sebelum mereka beralih ke dalam percakapan lainnya. Jika demikian, sesungguhnya kamu niscaya semisal mereka. Sesungguhnya Allah swt. akan menghimpun orang-orang munafik dan orang-orang kafir semua di dalam Jahannam.” (Q.S 4:140)

Allah taala menyatakan bahwa ketika seseorang sesuka hati melakukan penghujatan, satu-satunya tindakan dari orang orang beriman adalah jangan terus dekat dan duduk bersama mereka lagi. Dan Perlu dicatat bahwa hukuman bagi penghujatan tidak disebutkan sama sekali.

Jadi ketika ada yang bertindak, karena marah, tersinggung dan mengambil tindakan anarkis sampai pada pembunuhan maka hal itu tidak sesuai dengan apa yang diajarkan Alquran.

Sumber: http://agama-islam.org/islam-bukan-agama-teror

0 comments:

Post a Comment

 
© 2010 mbekutuk | Blogger.com